Nureazizah13'smith











{November 23, 2009}  

Sejarah perkembangan kopersi dunia

koperasi pertama kali muncul pada abad ke 19 , padamasa itu terutama di negara – negara eropa yang menerapkan sistem perekonomian kapitalis, kaum b\uruh berada dipungak penderitaan.

dengan latar belakang seperti itu maka tidak mengherankan bila keberadaan kopersi sangat erat kaitannya dengan perjuangan untuk mewujudkan keadilan sosial.Pada mulanya pertumbuhan koperasi memang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan ide-ide tentang pembaharuan masyarakat yang dipelopori oleh gerakan sosialis. Hal ini lah antara lain menyebabkan kuatnya pengaruh pemikiran sosialis dalam perkembangan koperasi.

Dua alsan yang mendasari pengaruh sosialisme itu adalah :

1.Terdapatnya kesamaan motif antara gerakan koperasi dengan gerakan sosialis.Sebagai reaksi penderitaan kaum buruh dari hisapan kaum kapitalis.

2. Sebagai suatuy \bentuk organisasi ekonomi yang berbeda dengan bentuk organisasi kapitalis .koperasi menawarkan suatu bentuk dasar dari tatanan sosial yang berbeda dengan tatanan sosial masyarakat kapitalis.

 

Perkembangan koperasi di Indonesia

Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kehadiran pedagang-pedagang bangsa eropa yang datang ke indonesia . Namun dengan keserakahan pedagang pedagang eropa yang datang ke indonesia untuk meraih keuntungan yang sebesar besarnya , maka hubungan dagang menjadi ingin menguasai mata rantai perdagangan. Akibatnya terjadi penindasan terhadap Bangsa indonesia . Dari penderitaan inilah menggugah pemuka pemuka bangsa indonesia berjuang untuk memperbaiki kehidupan masyarakat salah satunya adalah mendirikan koperasi.

Pada Zaman Belanda

R. Aria Wira atmadja seorang patih di purwokerto ,mempelopori berdirinya sebuah bank bertujuan untuk menolong para pegawai agar tidak terjerat oleh lintah darat,Usaha ini mendapat dukungan dari residfen purwokerto E Sieburg . badan usaha yang dipilih bank diberi nama bank penolong dan Tabungan ( Help En Spear Bank),ialah koperasi.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: