Nureazizah13'smith











{November 23, 2009}   saat seni beralih pada teknologi

Seni merupakan keindahan suatu objek yang dihasilkan dari imajinasi seseorang. Seni dapat dihasilkan dari berbagai aspek tergantung penerapannya. Banyak sekali budaya seni di Indonesia yang sangat berkembang sampai ke luar negeri. Sekilas kita melihat seni adalah bentuk penghayatan seseorang dari khayalan yang tidak pernah nampak tapi seni sebenarnya keindahan yang tidak dapat terlupakan.
Seni sastra misalnya adalah bentuk penghayatan seseorang dalam mengekspresikan kreativitas menulis seseorang dalam berimajinasi untuk menghasilkan hasil karya yang indah. Tapi kenapa sekarang justru budaya seni semakin tersisihkan karena adanya perkembangan teknologi.
Di era modern seperti sekarang ini, tentunya banyak sekali perubahan yang bisa kita rasakan. Mulai dari sarana komunikasi sampai alat musik yang tentunya masih menjurus ke budaya seni. Dampak dari perkembangan tekonologi akhirnya manusia cenderung memanfaatkan alat yang lebih canggih untuk belajar seni dan meninggalkan alat seni tradisional yang selama ini kita pertahankan.
Sadarkah kita dengan apa yang kita lakukan ? Sebenarnya kalau kita melihat dari segi materi, justru alat – alat musik tradisional lebih ekonomis daripada alat musik modern yang semakin berkembang sampai sekarang. Walaupun kenyataannya hasilnya lebih bagus dan komplek daripada menggunakan alat musik tradisional. Anggapan itu karena manusia sudah terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Walaupun kita menerapkan kembali kepada seni tradisional, namun hanya sebagian yang cenderung mempertahankan dan melestarikan kebudayaan seni zaman dulu.
Harapan kita adalah agar sebagian dari kita sebagai pecinta seni budaya zaman dahulu akan selalu melestarikan dan bahkan selalu memperkenalkan pada dunia bahwa seni adalah suatu hal indah dan mempunyai nilai yang tinggi. Jadikan seni yang utama dari peradaban dunia dan perkemabangan teknologi sekarang ini.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: