Nureazizah13'smith











{Desember 30, 2010}   Apaka etika bisnis itu?

Etika bisnis (juga dikenal sebagai etika perusahaan) adalah bentuk etika terapan atau etika profesional yang meneliti prinsip-prinsip etika dan masalah moral atau etika yang muncul dalam lingkungan bisnis. Hal ini berlaku untuk semua aspek perilaku bisnis dan relevan dengan perilaku individu dan organisasi bisnis secara keseluruhan. Etika Terapan adalah bidang etika yang berurusan dengan pertanyaan-pertanyaan etis dalam berbagai bidang seperti etika medis, teknis, hukum dan bisnis.

Etika bisnis dapat baik normatif dan disiplin deskriptif. Sebagai praktek perusahaan dan spesialisasi karir, bidang ini terutama normatif. Dalam akademis pendekatan deskriptif juga diambil. Jangkauan dan kuantitas masalah bisnis etika mencerminkan sejauh mana bisnis dianggap bertentangan dengan nilai-nilai sosial non-ekonomi. Secara historis, ketertarikan pada etika bisnis akselerasi secara dramatis selama tahun 1980 dan 1990, baik di dalam perusahaan besar dan dalam akademisi. Sebagai contoh, saat ini website perusahaan yang paling besar memberikan tekanan pada komitmen untuk mempromosikan nilai-nilai sosial non-ekonomi di bawah berbagai judul seperti kode etik dan charter tanggung jawab sosial. Dalam beberapa kasus, perusahaan telah mendefinisikan kembali nilai-nilai inti mereka dalam terang pertimbangan etika bisnis.

Mengapa etika bisnis di butuhkan?

Pembahasan etika dalam bisnis diperlukan karena bisnis bisa menjadi tidak etis, dan ada banyak bukti hari ini pada praktik perusahaan yang tidak etis. Bahkan Adam Smith berpendapat bahwa “Orang-orang dari perdagangan yang sama jarang bertemu bersama, bahkan untuk kegembiraan dan penyelewengan, tetapi percakapan berakhir dalam konspirasi melawan publik, atau dalam beberapa penemuan untuk menaikkan harga. Perusahaan dan perusahaan beroperasi di sosial dan lingkungan alam. Dengan kebajikan yang ada dalam lingkungan seperti itu, usaha berkewajiban untuk bertanggung jawab dengan lingkungan alam dan sosial di mana ia bertahan. Terlepas dari tuntutan dan tekanan di atasnya, bisnis berdasarkan keberadaannya pasti akan etika, Apakah ini fakta atau opini? untuk setidaknya dua alasan: satu, karena apapun bisnis tidak mempengaruhi stakeholders dan dua, karena setiap titik tindakan telah lintasan etika serta jalur tidak etis, dimana keberadaan bisnis ini dibenarkan oleh alternatif etis itu bertanggung jawab memilih harap rephraseSalah satu syarat yang membawa etika bisnis ke permukaan adalah kematian skala kecil, dan kepercayaan yang tinggi. face-to-wajah perusahaan, dan munculnya struktur perusahaan multinasional besar yang mampu secara drastis mempengaruhi kehidupan sehari-hari massa.

Sejarah etika bisnis

Etika bisnis, menjadi bagian dari etika sosial yang lebih luas, selalu dipengaruhi oleh etika zaman itu. Pada zaman yang berbeda di dunia, orang-orang, terutama elit dunia, buta dengan etika dan moralitas yang jelas tidak etis untuk zaman berikutnya. Sejarah bisnis, dengan demikian, sudah dikotori oleh dan melalui sejarah perbudakan, sejarah kolonialisme, dan kemudian oleh sejarah perang dingin. Wacana saat ini etika bisnis adalah wacana etis dari kolonialisme-pos dan pasca-perang dunia ¬†Kebutuhan akan etika bisnis di zaman sekarang ini dimulai. mendapat perhatian sejak tahun 1970-an. Secara historis, perusahaan mulai menyoroti perawakan etika mereka sejak akhir 1980-an dan awal 1990-an, sebagai dunia menyaksikan bencana ekonomi dan alam serius karena praktek bisnis yang tidak etis. Bencana Bhopal dan jatuhnya Enron merupakan contoh dari bencana besar dipicu oleh etika perusahaan buruk. Perlu dicatat bahwa ide etika bisnis menarik perhatian akademisi, media dan perusahaan bisnis pada akhir terbuka ini Perang Dingin. perang Dingin, terlihat melalui halaman sejarah, yang berjuang melalui dan berjuang untuk perusahaan bisnis Amerika di luar negeri Secara ideologis,. promosi perusahaan dimiliki oleh warga negara Amerika disajikan seolah-olah mereka mewakili kebebasan, dan perlawanan lokal terhadap kelebihan perusahaan Amerika dicap sebagai komunis upraising disponsori oleh Blok Soviet. Lebih jauh lagi, bahkan kritik sah terhadap praktik yang tidak etis perusahaan disajikan seolah-olah itu pelanggaran ke dalam “kebebasan” dari pengusaha yang didukung oleh para aktivis oleh totalitarians komunis Hal ini bergegas wacana etika bisnis baik di media dan akademisi. terbuka kekerasan oleh perusahaan bisnis mengalami penurunan untuk sebagian besar di dunia makmur demokratis dan media hari, meskipun belum berakhir. Perang di Irak adalah salah satu contoh terbaru kekerasan terbuka oleh perusahaan-perusahaan



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: